2017-08-02

DARI SEMARANG KE JFX: Polines Study Visit

(Jakarta, 1 Agustus 2017)

Politeknik Negeri Semarang (Polines) kembali mengadakan kunjungan studi ke PT Bursa Berjangka Jakarta (JFX). Ada 100 peserta sivitas akademika yang dipandu oleh 3(tiga) orang dosen senior dari Kampus Polines. Ini merupakan kunjungan ke sekian kalinya dan telah menjadi suatu kegiatan reguler dari pihak Kampus. Pada kesempatan, ada 2(dua) kelompok bidang keahlian (KBK) yang berkunjung, yaitu KBK Analisa Keuangan dan KBK Akuntansi Terapan. Masing-masing KBK menghadirkan 50 orang mahasiswa.

Acara edukasi dibuka oleh Corporate Secretary JFX Tumpal Sihombing. Beberapa perihal mengenai industri Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) dan konsep nilai ekonomi dalam industri PBK disampaikan secara ringkas. Sementara perihal mekanisme teknis perdagangan dalam industri PBK disampaikan secara ringkas namun padat oleh Research and Business Development Officer Asep Risman.

Para peserta dari sivitas akademika Polines sangat tertarik dan menunjukkan keingintahuan yang besar terhadap industri PBK. Hal tersebut terungkap dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan oleh para mahasiswa, dalam hal-hal seperti:

1. bagaimana pelaporan berbasis akuntansi di sisi pialang terhadap otoritas;
2. apa perbedaan best practices antara BEI dan BBJ dari sisi mekanisme transaksi;
3. apakah ada kesempatan untuk apprenticeship (magang) di BBJ atau para pialang;
4. dan ragam pertanyaan seputar teknis serta kelembagaan terkait industri PBK;

Lembaga Pendidikan Polines didirikan atas dasar langkanya tenaga teknisi ahli madya  yang dibutuhkan oleh industri. Keberhasilan Politeknik mekanik Swiss dan ITB, telah menjadi enabler pendirian Polines.  Visi Polines adalah menjadi Perguruan tinggi Vokasi yang diakui, mampu bersaing, akuntabel, berkarakter dan beretika dalam penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, dan bisnis. Misi utamanya adalah melaksanakan pendidikan tinggi vokasi bidang teknologi dan bisnis yang unggul, berkarakter dan beretika, melaksanakan penelitian terapan dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang teknologi dan bisnis, meningkatkan kualitas manajemen institusi, meningkatkan budaya akademik, organisasi, dan kerja yang berkarakter dan beretika, dan mengembangkan kerjasama dengan pemangku kepentingan.

Oleh : JFX Corporate Secretary