2018-12-14

JFX - DONOR DARAH PEDULI SESAMA (Desember 2018)

Jakarta Futures Exchange (JFX)  peduli sesama terhadap masyarakat kembali terwujud dalam bentuk kegiatan Donor Darah yang diselenggarakan bersama Palang Merah Indonesia (PMI). Acara berlangsung di kantor JFX Rabu tanggal 12 Desember 2018. Acara yang berjudul “Donor Darah Peduli Sesama” ini dibuka oleh Direktur JFX, Donny Raymond pada pukul 11.00wib dan selesai pukul 14.00 WIB. Pada tahun ini, JFX telah menyelenggarakan 2 (dua) kali kegiatan ini bersama PMI (Agustus dan Desember 2018). JFX berencana akan menyelenggarakan Donor Darah ini paling tidak 3 (tiga) kali dalam setahun.
Kegiatan Donor Darah JFX-PMI berlangsung ramai dan lancar. Ada sejumlah 146 orang yang mendaftar untuk berdonor. Dari jumlah tersebut ada sebanyak 102 orang yang berhasil menjadi donor. Terhitung 50 orang tidak dapat mendonorkan darahnya oleh karena pertimbangan medis seperti HB dan/atau tekanan darah yang terlalu rendah/tinggi, termasuk faktor medis lainnya.
Persyaratan untuk menjadi donor tidak sulit. Pendonor darah adalah orang yang memberikan darah secara sukarela untuk tujuan transfusi darah bagi mereka yang membutuhkan. Semua orang dapat menjadi donor darah jika memenuhi persyaratan seperti sehat jasmani dan rohani, usia 17-60 tahun, tekanan darah sistole (100 – 170) diastole (70 – 100), kadar haemoglobin 12.5g%-17.0g%, dengan interval aktivitas donor minimal 12 minggu atau 3 bulan sejak donor darah sebelumnya (dibatasi maksimal 5 kali dalam 2 tahun).
Salah satu kegiatan PMI yang paling dikenal masyarakat adalah Donor Darah. Menyumbangkan sebagian darah untuk kemudian disalurkan kepada bagi yang membutuhkan telah menjadi suatu sumbangan yang sangat positif dan berarti dalam kehidupan bermasyarakat.

Kegiatan yang Lalu