2018-12-19

Peresmian FTLC STIE Tridharma

Selasa (18/12/2018), PT Bursa Berjangka Jakarta (JFX) agresif mengembangkan Futures Trading Learning Center (FTLC) di kampus. Satu diantaranya, di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tridharma Bandung (TRD).
Acara peresmian FTLC TRD dilaksanakan di kantor pusat PT Didi Max Berjangka (DMB). Peresmian FTLC TRD ini ditandatangani bersama oleh Ketua TRD Dr. Dadang Suhairi SE, MM., Dirut JFX Stephanus P. Lumintang, Direktur Utama Kliring Berjangka Indonesia Persero (KBI) Fajar Wibhiyadi dan Direktur Utama PT DMB, R. Andrie Gunawan Sanjaya.
FTLC adalah wadah kemitraan strategis berbasis kegiatan edukasi antara perguruan tinggi dan industri. Dari sisi industri lembaga-lembaga yang tergabung dalam sinergi ini adalah PT Bursa Berjangka Jakarta (JFX), PT Kliring Berjangka Indonesia Persero (KBI) dan Perusahaan Pialang PT Finex Berjangka.
Ke-empat lembaga (TRD, JFX, KBI dan DMB) ini berperan sebagai penanggungjawab FTLC. FTLC merupakan jembatan antara pelaku best-practice industri Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) dengan kalangan sivitas akademika dalam ranah perguruan tinggi. Edukasi, pengembangan ilmu pengetahuan serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia merupakan salah satu bentuk idealisme dari pembentukan FTLC.
Dalam kesempatan peresmian FTLC UEU ini, Ketua TRD dalam sambutannya menyatakan antusiasme dan ketertarikannya pada ranah industri Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK). “Pengajar merasa terdukung atas keempatan kerjasama ini, karena sinergi antara kampus dan industri merupakan awal untuk pengembagan wawasan mahasiswa.”ujarnya.
Sementara itu, Dirut JFX Stephanus P. Lumintang juga menyampaikan apresiasinya kepada Ketua TRD yang telah bersedia membentuk secara bersama FTLC di Kampus TRD dan menyelenggarakan kegiatan edukasi berkelanjutan dalam ranah PBK. Dirut JFX juga menanggapi positif harapan Rektor perihal pembentukan mata kuliah dan kegiatan edukasi praktis.
”Industri PBK adalah ranah yang mengandung peluang yang sangat luas baik dari sisi keilmuan (riset keilmuan) maupun lapangan pekerjaan bagi para lulusan,”tukasnya.
Pada kesempatan yang sama, Dirut KBI Fajar Wibhiyadi juga menyampaikan bahwa KBI terbuka dengan rencana sivitas akademika yang berniat melakukan kajian atau penelitian mengenai PBK, yang dapat dilakukan dari berbagai perspektif seperti finansial, akunting, hukum/regulasi, teknologi informasi dan perspektif keilmuan lainnya yang relevan dengan industri PBK.
Dirut DMB, R. Andrie Gunawan Sanjaya   menyatakan antusiasmenya atas momen bersejarah peresmian ini karena FTLC TRD merupakan learning center pertama yang dibentuk oleh pialang DMB bersama Kampus dan SRO. Andrie berharap melalui kerjasama ini industri dapat lebih berdaya guna bagi masyarakat via sivitas akademika, khususnya melalui kampus UEU.
”Sebagai salah satu bentuk realisasi antusiasme kami terhadap FTLC ini, kami akan membuat kegiatan rutin harian, mingguan dan bulanan. Bertujuan menjadikan FTLC aktif.”tambahnya.